2016-08-03

Tips Mengatasi Certificate dan SSL Connection Error Pada Google Chrome

Berseluncur di dunia maya emang kagak ada bosan-nya, apalagi kalau didukung dengan koneksi super lancar dan sinyal super kuat! pasti ketagihan deh. Namun nasib sial didunia ini memang tak bisa dihindari, seperti saat enak-enak browsing tapi tiba-tiba dihadang blokade tak kenal waktu, buka ini error, buka itu error, sampai-sampai buka search engine saja tidak bisa.
Beberapa error yang saya maksud antara lain:

  1. SSL Certificate Error
  2. SSL Connection Error
  3. Invalid Server Certificate
  4. Security Certificate Error
  5. Cannot Connect to the real site
  6. Untrusted Connection
  7. dan eror tipe "blocked" lainnya
Untuk lebih jelasnya, beberapa eror yang kamu alami mungkin akan tampak seperti gambar dibawah ini: 







Baca Juga: Gadis Dayak yang Cantik dan Mitosnya


kesalahan seperti ini biasanya disebabkan karena banyak faktor, seperti kadaluarsa-nya sertifikat web tersebut dan terkadang juga gara-gara aktivitas malware.


Cara Tepat Mengatasi Koneksi Error Pada Google Chrome:
Solusi Pertama - Betulkan waktu dan tanggal komputer kamu. 



 

Terkadang melencengnya waktu juga dapat membuat kondisi sertifikat keamanan web yang kamu akses seakan-akan sudah expired. Nah untuk membetulkannya silahkan klik kanan tampilan jam di pojok layar kamu lalu pilih adjust date/time.


Solusi Kedua - Bersihkan cache dan cookie pada browser. 



 

Selain membuat startup browser kamu lambat, keberadaan offline browsing data juga bisa menggangu aktivitas browsing kita juga lho, nah bila pada solusi pertama kamu tidak juga berhasil maka cobalah cara yang satu ini. Untuk membersihkannya, kamu tinggal menekan tombol kombinasi Crtl+Shift+Delete.


Solusi Ketiga - Tambahkan argumen khusus pada shortcut Google Chrome.
Diantara dua solusi sebelumnya, saya rasa yang satu ini adalah solusi paling mutlak untuk mengatasi error pada google chrome, yaitu dengan menambahkan command-line flag/argumen pada shortcut Google Chrome. Caranya?


1. Klik kanan shortcut Google Chrome lalu pilih properties







2. Pada kolom target, tambahkan kata --ignore-certificate-errors pada akhir kalimat dan dibatasi dengan satu spasi, sehingga menjadi seperti ini:
"C:\...\Application Data\Google\Chrome\Application\chrome.exe" --ignore-certificate-errors 






3. Klik OK dan coba jalankan Google Chrome.


Solusi Keempat - Jalankan full scan pada sistem
Keberadaan virus sejenis malware atau spyware sangat memungkinkan Google Chrome untuk bertindak aneh, tidak hanya error biasa, namun terkadang juga membuatnya menjadi hang dan sering crash. Oleh karena itu cepat-cepatlah untuk memindai secara menyeluruh pada sistem komputer kamu. Rekomendasi saya, gunakanlah antivirus tipe internet security untuk mengatasi hal seperti ini.
-Semoga Bermanfaat-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar