Social media itu sarana pemasaran yang terlalu dibesar-besarkan.
Coba lihat statistiknya, sepertinya luar biasa tahun 2015 ada 38 juta pengguna internet di Indonesia, 79% di antaranya aktif menggunakan social media minimal sekali sebulan.
Tapi dalam prakteknya tidak demikian. Sebagian besar orang yang melakukan social media marketing menyerah
dalam hitungan bulan. Karena tidak ada hasil positif yang mereka
dapatkan ke bisnisnya. Bisa dikatakan gagal.
Tunggu dulu…saya luruskan sebelum pada protes. Social media marketing itu tidak jelek. Banyak orang yang gagal
karena memang sangat mudah untuk terjebak di jalur yang salah ketika
memanfaatkan social media.
Hanya ini yang biasanya dilakukan dan diajarkan:
- Buat akun, hiasi dengan foto & lengkapi profilnya
- Buat post yang menarik untuk mendapatkan like/retweet
Itu saja tidak cukup. Sangat tidak cukup.
Baca Juga:
- 25 Cara Mendidik Anak Secara Islami Sesuai Dengan Ajaran Rasulullah SAW
- Kawan... Maafkan Aku
- Aku Sudah Tua
Agar upaya yang anda lakukan tidak sia-sia silahkan lanjutkan
membaca. Dalam panduan ini anda akan mempelajari seperti apa strategi
pemasaran social media yang sesungguhnya.
1. Tentukan SATU social media utama
Satu, tidak lebih.
Mengapa cuma satu? Bukannya lebih banyak lebih bagus?
Memang betul. Idealnya semakin banyak kita muncul di hadapan orang lain, akan semakin cepat kita dikenal.
Tapi ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan:
- Waktu
- Biaya
- Tenaga manusia
- Ilmu
Kalau anda tidak punya masalah dengan keempatnya, silahkan pilih lebih dari 1. Social media marketing itu tidak sederhana. Bukan cuma sekedar posting tweet yang lucu atau upload gambar meme. Dan yang terpenting, tidak diotomatiskan dari social media A ke B.
Anda akan sadar alasannya nanti.
Intinya, anda sebagai pemain baru tidak akan bisa langsung aktif di
banyak social media sekaligus. Ini justru akan berdampak buruk.
Karena itu, pilih social media berdasarkan:
- Ukuran: lebih besar lebih baik, tapi belum tentu
- Audiens: dimana mayoritas orang-orang yang anda targetkan
- Konten: tempat yang efektif untuk video, gambar/foto, teks tidak sama
Mari kita bahas satu per satu.
Ini grafik penggunaan social media di Indonesia dari We Are Social:
Facebook menempati posisi tertinggi sebagai social media dengan jumlah pengguna terbanyak, disusul oleh Twitter.
Lebih lanjut, grafik berikut adalah grafik penggunaan social media di Indonesia berdasarkan rentang umur (2013):
Dari 2 grafik ini, terlihat bahwa Facebook merupakan social media yang paling superior dibandingkan beberapa saingan yang lain.
Apakah ini artinya Facebook paling bagus? Bisa jadi…tapi belum tentu.
Ukuran dan umur memang 2 faktor utama dalam menentukan social media
untuk keperluan pemasaran. Dalam hal ini, Facebook dan Twitter lebih
unggul.
Tapi ini masih dipengaruhi lagi oleh audiens dan industri anda. Untuk semakin memastikan pilihan anda, mari kita lihat karakteristik dari masing-masing social media:
Gunakan Facebook kalau:
Anda tidak ingin ambil pusing. Hampir semua orang ada di Facebook dalam berbagai minat dan usia. Kemungkinan besar target pasar anda juga ada di Facebook. Tetapi karena volume yang sangat besar, Facebook punya filter yang
ketat. Secara organik, hanya kurang dari 1% dari orang yang mengikuti
Page anda akan berinteraksi. Maka dari itu, anda mungkin akan sangat mengandalkan iklan. Selain itu, jenis konten di Facebook lebih beragam. Ada banyak
pilihan mulai dari sekedar teks, gambar, video, dan link. Kalau anda
memanfaatkan Facebook, ada baiknya anda tidak fokus hanya di salah satu
jenis. Terakhir. Frekuensi konten di Facebook rendah, tapi kualitasnya harus tinggi.
Gunakan Twitter kalau:
Target pasar anda berusia muda. Seperti grafik di atas, Twitter lebih populer di golongan usia 18-35
tahun. Lebih dari itu, sangat jarang yang menggunakan Twitter. (Tetapi golongan usia semakin lama akan semakin merata) Di satu sisi, pengguna Twitter Indonesia lebih tertarik dengan
konten-konten singkat dan bersifat santai. Di sisi lain, banyak pula
pengguna Twitter yang lebih suka dengan link ke website. Jadi, lihat kembali apa yang anda pasarkan dan seperti apa konten anda. Kalau apa yang anda promosikan bisa dikonsumsi dalam 140 huruf atau
bisa menarik orang lain untuk mengunjungi website anda, gunakan Twitter. Karena tidak ada filter, menjangkau follower di Twitter lebih mudah
dibandingkan Facebook. Maka dari itu, frekuensi konten di Twitter
sebaiknya lebih tinggi daripada Facebook.
Gunakan Instagram kalau:
Apa yang anda pasarkan bisa disajikan dalam foto yang indah. Kalau anda tidak bisa menyediakan foto yang indah atau kalau sesuatu yang anda pasarkan tidak mampu dijadikan foto, jangan gunakan Instagram. Golongan usia di Instagram juga saat ini lebih rendah. Berdasarkan
grafik di atas, pengguna Instagram di Indonesia yang berusia lebih dari
45 tahun hampir tidak ada. Instagram mudah untuk dikelola bersama Facebook atau Twitter. Ini karena konten di Instagram sebagian besar hanya berupa gambar.
Gambar yang anda upload di Instagram bisa digunakan kembali untuk konten
di Facebook atau Twitter. Selain itu, tingkat interaksi oleh follower di Instagram jauh lebih tinggi.
Gunakan Google+ kalau:
Anda punya konten di website dan ingin mendapatkan peringkat tinggi di Google. Yang unik dari Google+, ketika follower anda menggunakan Google
Search maka hasil pencarian dari orang-orang yang mereka follow akan
mendapatkan peringkat lebih tinggi. Jadi meskipun Google+ tidak ramai, tapi masih layak untuk dipakai. Dalam beberapa industri, ada komunitas di Google+ yang jauh lebih
aktif daripada Facebook. Sebaiknya anda coba mencari komunitas ini,
kalau ada.
Gunakan LinkedIn kalau:
Anda adalah B2B, bisnis ke bisnis. Bukan B2C, bisnis ke konsumen. Dengan kata lain, gunakan LinkedIn kalau target pasar anda adalah
bisnis, bukan perorangan. Ini karena LinkedIn dipenuhi oleh para
profesional dan pemilik bisnis.
2. Tetapkan kepribadian yang anda gunakan
Kalau anda mengikuti beberapa akun brand di social media, akan pasti sadar bahwa kepribadian dari akun-akun tersebut berbeda.
Ada yang santai:
Ada yang serius:
Tidak ada yang salah, keduanya bagus. Tapi ada 2 hal yang harus diperhatikan:
- Mana yang mencerminkan bisnis anda
- Mana yang tepat untuk audiens anda
Terutama karena di Indonesia kita punya bahasa baku dan bahasa
pergaulan. Pastikan anda memilih yang tepat, dan gunakan secara
konsisten. Kalau target pasar anda berusia dewasa, akan aneh kalau menggunakan bahasa yang terlalu santai.
Oh ya, ‘serius’ bukan berarti ‘kaku’.
Kata-kata yang anda gunakan di social media akan mencerminkan bisnis
anda. Tidak ada yang suka berteman dengan orang yang bicaranya kaku
seperti robot. Ini beberapa kepribadian yang harus anda tentukan di awal:
Untuk memilih kepribadian mana yang sebaiknya anda gunakan, jawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
- Kalau brand anda adalah manusia, seperti apa kepribadiannya?
- Seperti apa karakter dan gaya bicara dari audiens anda?
- Seperti apa hubungan yang ingin anda bangun dengan mereka?
- Apa tujuan konten anda? Kepribadian apa yang tepat untuk konten tersebut?
- Kesan apa yang ingin anda peroleh dari orang lain?
3. Strategi konten untuk social media
Inilah bagian terpenting dalam social media marketing. Tanpa memiliki konten yang menarik, semua hal yang anda lakukan di social media akan percuma. Ada banyak hal yang bisa dibahas mengenai konten. Lebih spesifik
untuk masing-masing social media akan dibahas dalam bab selanjutnya. Untuk sekarang, kita akan bahas konsep dasarnya. Kesuksesan dalam social media marketing ditentukan oleh 3 hal:
- Kualitas konten
- Pemilihan waktu posting
- Frekuensi posting
Meskipun kualitasnya tinggi, tapi kalau anda salah dalam memilih
waktu maka hasilnya akan kurang maksimal. Demikian pula untuk
frekuensi/jumlah. Tidak hanya itu…kita sudah mengenal beberapa jenis konten: teks, link, gambar, dan video. Ternyata tidak semua jenis konten tersebut akan mendapatkan jumlah
interaksi yang sama. Konten jenis tertentu akan mendapatkan lebih banyak
like/share/retweet. Mari kita bahas satu per satu.
Jenis post di social media
Berdasarkan data resmi yang dikeluarkan oleh Twitter, inilah jenis tweet yang mendapatkan retweet terbanyak:
Persentase di atas merupakan angka penambahan dibandingkan dengan tweet yang biasa. Jadi tweet dengan hashtag mendapatkan +16% daripada tweet biasa, foto mendapatkan 35%, video 28% dan seterusnya. Di Facebook sedikit berbeda…inilah jenis post yang mendapatkan hasil terbaik di Facebook:
Data di atas merupakan hasil analisa dari Locowise. Link mendapatkan jumlah jangkauan terbesar, hingga 18% untuk Page
yang memiliki like di atas 10 ribu. Disusul teks dan foto dengan
jangkauan antara 7-11%. Oleh karena itu, kalau anda ingin menjangkau banyak orang di Facebook usahakan menggunakan link.
Tema konten
Dari grafik-grafik di atas, kita sudah tahu bahwa link adalah jenis
konten terbaik untuk social media marketing. Disusul oleh foto dan teks.
Tapi apa isi dari link, foto, dan teks tersebut?
Berdasarkan artikel dari HubSpot ini, berikut adalah tipe konten yang paling banyak mendapatkan share ke social media:
- List-post: artikel berupa daftar [22.14%]
- Why-post: artikel penjelasan ‘mengapa’ [22.32%]
- Videos: [18.94%]
- How-to: artikel panduan [18.42%]
- What-post: artikel penjelasan ‘apa’ [17.88%]
Jadi kesimpulannya, post yang mendapatkan jangkauan terbesar di
social media adalah yang berupa link. Link yang terpopuler adalah yang
berisi artikel berupa daftar (contoh).
Masih ada lagi……berdasarkan analisa yang dilakukan oleh OKDork dan BuzzSumo terhadap 100 juta artikel, ternyata yang mendapatkan share terbanyak adalah yang mampu membangkitkan perasaan.
Inilah perasaan yang paling banyak mendapatkan share:
Perasaan yang paling tinggi yaitu:
- Awe (kagum)
- Laughter (lucu, tertawa)
- Amusement (hiburan)
- Joy (bahagia)
- Anger (marah)
- Empathy (empati)
Jenis post terbaik adalah link menuju artikel daftar (list post) yang disertakan foto dan mampu membangkitkan perasaan kagum. Idealnya seperti itu, Tapi pada prakteknya, harus anda kombinasikan sendiri. Karena tidak
semua industri, target pasar, dan demografi memiliki ketertarikan yang
sama.
Frekuensi dan waktu posting
Seperti yang sudah dijelaskan tadi, frekuensi optimal untuk Facebook,
Twitter, dan social media lainnya berbeda-beda. Ada yang lebih bagus
kalau banyak, ada juga yang sebaiknya tidak terlalu banyak.
Inilah frekuensi optimal untuk masing-masing social media:
- Facebook: maksimal 2x sehari dan 5-10x seminggu
- Twitter: 5x sehari atau lebih
- LinkedIn: 1x per hari dan 20x per bulan
- Google+: maksimal 3x sehari
- Pinterest: 5x sehari atau lebih
- Instagram: 1-2x sehari atau lebih
Itu untuk frekuensi, sekarang waktunya…jam sibuk atau jam kosong, mana yang lebih optimal? Tidak semudah itu. Kalau kita menulis pada jam sibuk, maka konten kita akan dengan cepat
tertutup oleh orang lain. Akhirnya tidak terlihat. Sedangkan pada jam
kosong hanya sedikit orang yang aktif. Jawabannya berbeda-beda, tergantung dari siapa target anda. Ini waktu yang terbaik untuk membuat tweet agar mendapatkan jumlah klik terbanyak, berdasarkan Buffer:
Belum ada penelitian spesifik untuk Indonesia, tapi minimal ini bisa kita gunakan sebagai acuan.
Untuk Facebook, anda bisa lihat langsung dari Page yang anda miliki.
Seperti contoh ini untuk Page PanduanIM di Facebook:
Dari gambar di atas, ternyata follower PanduanIM paling banyak online
di jam 9 malam. Karena itu waktu terbaik untuk membuat post sekitar 0-2
jam sebelumnya.
Sekali lagi, angka ini berbeda-beda tergantung demografinya.
Karena itu, sebaiknya periksa sendiri waktu optimal posting anda.
3. Buat jadwal rutin untuk social media
Social media marketing bukan pekerjaan sekali jalan, tapi berkelanjutan.
Tak peduli seberapa pun bagusnya konten anda, kalau hanya dilakukan
sekali-sekali tidak akan pernah berhasil. Para follower akan lupa dengan
anda.
Satu lagi…
…social media marketing bukan hanya membuat konten.
Ada pekerjaan lain yang HARUS dilakukan, ini beberapa di antaranya:
- Berinteraksi dengan follower dan influencer
- Perencanaan konten
- Analisa statistik dan goal
- Perencanaan dan eksperimen
Untuk mempermudah prosesnya, silahkan ikuti tugas harian, mingguan, dan bulanan ini:
Tugas harian:
- Membalas mention, pesan, dan komentar yang masuk
- Melakukan monitor kata kunci
- Menerbitkan/menjadwalkan konten baru
- Mencari bahan untuk konten baru
- Mencari orang yang punya banyak follower (influencer)
- Berinteraksi dengan influencer
- Berinteraksi dengan follower
- Membuat gambar untuk konten
- Membuat konten untuk komunitas
Tugas mingguan:
- Analisa konten dalam seminggu terakhir
- Analisa peningkatan dan penurunan yang terjadi
- Analisa terhadap goal dan sasaran yang sudah ditentukan
- Analisa hashtag
- Mengadakan event (webinar, Twitter chat, dll.)
- Mencari komunitas baru
- Optimasi website untuk social media
Tugas bulanan:
- Memeriksa goal yang sudah dibuat
- Membuat goal baru
- Merencanakan eksperimen baru untuk sebulan depan
- Update foto profil, deskripsi, bio
- Melakukan penyesuaian terhadap frekuensi dan jadwal posting
-Semoga Bermanfaat-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar