2016-07-16

Bagaimana Agar Mendapatkan Rejeki Yang Tidak Terduga

Download format pdf

(D.R) Termasuk sesuatu kewajaran apabila seseorang menginginkan rejeki yang banyak, harta berlimpah dan hidup yang wah. Akan tetapi pertanyaannya, apakah kita sudah layak mendapatkan semua itu? Atau jangan-jangan kita hanya menginginkannya tapi belum sama sekali berupaya memulai mewujudkan keinginan itu menjadi nyata.

 
Memang ada pepatah atau ungkapan mengatakan bahwa kalau memang itu rejeki kita, pasti tak akan kemana-kemana dan tak akan ke siapa-siapa. Tapi lagi-lagi ada pertanyaan, apakah kita termasuk orang yang berada di posisi itu? Atau mungkin kita hanya sekadar meniru ungkapan mereka yang memang sudah di posisi itu?



Selaku manusia biasa yang masih wira-wiri di jalan kebanyakan orang dan meyakini bahwa 1 + 1 = 2, itu mengindikasikan bahwa kita masih harus selalu berupaya mewujudkan keinginan-keinginan itu agar betul-betul terwujud. Dengan kata lain, kita tidak boleh hanya berdiam diri dan ongkang-ongkakng kaki atau ngeluyur kesana-kemari tanpa tujuan pasti sembari mengharap rejeki datang sendiri.

Lalu apa yang seharusnya kita lakukan untuk menggapai keinginan-keinginan itu?

Agar tidak membuat penasaran, langsung saja kita simak tips-tipsnya sebagaimna berikut ini:

1. Memperbanyak syukur

Memperbanyak rasa syukur sama dengan memperbanyak ungkapan rasa terima kasih kepada Allah Sang Maha Pemberi Segalanya dalam setiap kebutuhan hidup ini. Dengan memperbanyak syukur maka Allah akan memperbanyak anugrah rizki kepada kita. Ibarat kita mempunyai anak atau ponakan, yang satu sering berterima kasih atas pemberian dari kita dan yang satunya tidak, maka kita akan lebih senang memberi kepada yang sering berterima kasih.

Allah SWT berfirman dalam AlQuran yang artinya:

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (Ibrahim, 7).

2. Menafkahkan harta yang ada

Harta di tangan, tidak selamanya harus di tangan, melainkan harus dipergunakan sesuai porsinya sehingga keperluan pribadi dan keluarga dapat terpenuhi dengan baik. Dalam penggunaan harta semestinya dianggarkan secara proporsional dan dibelanjakan secara wajar serta tidak berlebih-lebihan agar kita bisa menyisihkan sebagiannya untuk membantu orang susah atau berinfak di jalan Allah.

Allah SWT berfirman dalam AlQuran yang artinya:
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (Al-Baqara: 261).

Maka menafkahkan harta di jalan Allah dapat memperbanyak rejeki sampai berlipat-lipat sesuai kehendak Allah, bergantung pada keikhlasan kita, kemurnian harta yg dinafkahkan maupun kebaikan harta yang akan didatangkan.

3. Menjalin Silaturahim

Termasuk dari salah satu tips agar dapat banyak rejeki yaitu menjalin silaturrahim dengan sahabat atau kerabat. Silaturrahim di sini juga bisa berarti saling berinteraksi atau bersosialisasi atau sekedar bertransaksi dengan orang lain. Di jaman seperti sekarang ini bahkan silatur rahim dapat dilakukan melalui sambungan telepon, sms, bbm, video call, dan banyak lagi sarana lainnya.

Dengan sebab silaturrahim ini maka rejeki datang, entah dari si A, B, C atau Z. Semakin banyak silaturrahim sangat dimungkinkan semakin banyak pula peluang datangnya rejeki kepada kita.

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata yg artinya: “ Aku mendengar Rasulullah saw., bersabda: “Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia menjalin tali silaturrahim. (HR. Bukhari & Muslim).

4. Memperbanyak Membaca "Lahawla Wala Quwwata Illa billah"

Rasulullah saw., bersabda yg artinya: “Barang siapa yang lambat datang rezekinya hendaklah banyak mengucapkan "La hawla Wala Quwwata Illa billah." (HR. At-Tabrani)

5. Membaca "La Ilaha Illallahul Malikul Haqqul Mubin"

Rasulullah saw., bersabda yg artinya: “Barang siapa setiap hari membaca La ilaha illallah al malikul haqqul mubin, maka bacaan itu akan menjadi keamanan dari kefakiran dan menjadi penenteram dari rasa takut dalam kubur. (HR. Abu Nu'aim dan Ad-Dailami)

6. Melanggengkan Istighfar

Rasulullah saw., bersabda yg artinya: "Barang siapa melanggengkan istighfar niscaya Allah SWT akan mengeluarkan dia dari segala kesusahan dan memberikan rezki dari arah yang tidak diduga-duga." (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah)

7. Membaca Surat Al-Ikhlas

Rasulullah saw., bersabda yg artinya: "Barangsiapa membaca Surat Al-Ikhlas ketika masuk rumah maka berkah bacaan menghilangkan kefakiran dari penghuni rumah dan tetangganya." (HR. At-Tabrani)

8. Membaca Surat Al-Waqiah

Rasulullah saw., bersabda yang artinya: "Barangsiapa membaca surat Al-Waqiah setiap malam, maka tidak akan ditimpa kesempitan hidup." (HR. Al-Baihaqi dalam Syu'ab Al Iman)

Itulah tipsnya. Semoga si penulis, pembaca, dan komentator bisa segera menggapai keinginan yang didamba, serta termasuk ke dalam golongan orang-orang yang dianugrahi nikmat rejeki banyak, halal, berkah dan manfaat dunia-akhirat. Amin Ya Robbal 'Alamin.


-Semoga Bermanfaat-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar